Minggu, 02 Januari 2011

Layer 3

Layer 3 switch adalah perangkat perfoma tinggi untuk jaringan routing. Layer 3 switch sebenarnya sangat sedikit berbeda dengan router. Sebuah Layer 3 switch dapat mendukung routing protokol sama hal nya dengan yang dilakukan oleh router jaringan. Keduanya memeriksa paket yang masuk dan membuat keputusan routing dinamis berdasarkan alamat, sumber dan tujuan didalamnya.Kedua jenis box ini juga berbagi tampilan yang sama.

Layer 3 digunakan sebagai teknologi untuk memperbaiki kinerja router yang digunakan dalam local area network (LAN) yang besar seperti perusahaan intranet. Perbedaan utama antara layer 3 switch dan router terletak pada teknologi hardware yang digunakan untuk membangun unit. Perangkat keras yang ada di dalam layer 3 switch menggabungkan switch tradisional dan router, menggantikan beberapa logika perangkat lunak router dengan perangkat keras yang menawarkan kinerja yang lebih baik dalam berbagai situasi.

Layer 3 membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan router tradisional. Dirancang untuk digunakan  dalam jaringan lokal, suatu layer 3 swich biasanya tidak memiliki WAN, yang selalu dimiliki oleh router tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar